Tips Merawat Kamar Mandi Tetap Bersih



Kebersihan merupakan sebagian dari iman sehingga semua orang wajib sekali untuk senantiasa menjaga kebersihan baik badan dan lingkungan sekitarnya salah satu nya menjaga kebersihan kamar mandi. Hal ini bertujuan agar kesehatan tetap terjaga karena virus dan bakteri penyebab penyakit sering berkembang biak di tempat yang kotor. Selain menjaga kebersihan diri sendiri, lingkungan tempat tinggal juga perlu diperhatikan, khususnya rumah yang Anda tinggali. Mulai dari depan sampai belakang bagian rumah tetap harus dibersihkan. Jika kondisinya bersih dan sehat maka otomatis Anda juga merasa lebih nyaman dan juga senang bukan? Bukan hanya ruangan utama seperti ruang tamu, kamar tidur, dan dapur saja tapi kebersihan kamar mandi juga wajib diperhatikan.

Kamar mandi adalah tempat segala aktifitas yang berhubungan dengan cuci mencuci atau membersihkan noda atau kotoran baik itu badan kita atau peralatan rumah tangga sampai pakaian meskipun ada sebagian orang yang mengkhususkan fungsi kamar mandi sebagai tempat mandi saja, sedangkan untuk urusan cuci mencuci dibuatkan tempat khusus. Terlepas dari itu kamar mandi sebagai tempat yang selalu berhubungan dengan air, sabun, dan noda haruslah selalu mendapat perhatian dalam hal kebersihannya, karena kamar mandi yang bersih dan higienis akan membuat kita terbebas dari berbagai macam penyakit yang disebabkan oleh jamur dan bakteri atau bibit penyakit yang biasanya ada di lingkungan yang kotor.
Apakah Anda tau kalau penyebab penyakit pencernaan seperti diare, disentri, kolera, atau berbagai penyakit kulit seperti panu, kadas, kudis merupakan akibat dari kebersihan kamar mandi yang tidak di jaga? Hal ini disebabkan karena bakteri penyakit tersebut yang berkembang biak di dalam air yang kotor. Sifat utama kamar mandi adalah selalu lembab karena terkena air dan berbagai macam cairan seperti sabun, shampo, pasta gigi,dan lain sebagainya. Ruangan yang lembab tentu saja sangat disukai bakteri untuk berkembang biak. Nah, itulah sebabnya mengapa kebersihan kamar mandi  merupakan hal yang sangat penting. Membersihkan kamar mandi sebaiknya harus dilakukan minimal empat hari sekali, atau paling tidak seminggu sekali. Sisa-sisa air di kamar mandi bisa menimbulkan noda yang mengganggu pemandangan, lantai yang jarang dibersihkan akan menjadi licin dan membahayakan penggunanya. Selain itu, daerah yang lembap bisa menjadi tempat tumbuhnya bakteri. Inilah alasan kamar mandi harus sering dibersihkan.

Lakukan pemeliharaan kamar mandi secara rutin. Paling tidak ada dua aktivitas perawatan rutin kamar mandi yang harus dilakukan, yakni perawatan sehari-hari dan pemebersihan besar seminggu sekali.


Baca Juga :


Perawatan sehari-hari
·         Menggosok dinding maupun lantai kamar mandi dengan karbol ataupun cairan pembersih lain. Setelah itu, bilas  dengan air bersih agar  tidak ada kotoran atau lumut yang telanjur terakumulasi dan sulit dibersihkan. 
·         Gunakan cairan pembersih secukupnya. Bila berlebihan, kuman pembusuk pada saluran air dan septic tank akan mati sehingga proses pembusukan kotoran tak berjalan sebagaimana mestinya. Akibatnya, saluran air Anda akan terhambat, cepat penuh, dan sebagainya. Bila mungkin, pilih cairan pembersih yang ramah lingkungan, tidak berbau, dan tidak mematikan bakteri pembusuk di saluran air.

Pembersihan Besar Seminggu Sekali 
Meliputi membersihkan kloset dan menguras bak air.
·         Kloset, tuang sedikit pemutih ke dalam kloset, atau perciki dengan bubuk pembersih yang cocok, sikat dengan sikat kloset. Setelah itu, bilas sikat kloset dengan air sabun panas. Bersihkan dudukan kloset dengan cairan desinfektan, siram dengan air.  
·         Bak air, bila ada bagian yang kotor, siram dengan  air sepanas mungkin selama beberapa saat agar mudah dibersihkan, lalu sikat, bilas sampai bersih dan keringkan. Bisa juga Anda gunakan cairan permbersih, tergantung bahan bak tersebut.  
·         Kran air, gosok dengan pembersih untuk stainless steel, bilas dengan air panas. Lap kran sampai kering. Bila kran air lama tidak digunakan, alirkan air panas, biarkan beberapa menit sebelum digunakan.



Baca Juga :


Apabila kamar mandi anda terdapat noda kerak, jamur yang membandel, gunakan cairan pembersih yang ampuh, aman untuk kesehatan. Anda bisa menggunakan Wisklin produk pembersih yang Ampuh untuk membersihkan kerak yang membandel. Info produk lebih lanjut KLIK DISINI



Komentar

Postingan Populer