Cara Mendidik Anak Agar Mandiri serta Bertanggung Jawab


Dalam kehidupan berkeluarga, setiap orang tua tentu mengharapkan anak-anaknya dapat tumbuh menjadi anak-anak yang baik, dapat dibanggakan dan mempunyai karakter atau sifat-sifat yang positif dalam segala hal. Salah satu hal penting yang orang tua harapkan adalah agar anak-anaknya menjadi pribadi yang mandiri dan bertanggung jawab.
Kebanyakan orang tua akan melakukan segalanya demi membahagiakan anak-anak mereka dengan memberikan segalanya yang mereka inginkan, namun ternyata hal ini tidak selalu baik dalam proses mendidik anak. Banyak anak yang dibiasakan hidup dengan kenyamanan dan tidak pernah merasa sulit dalam hidupnya cenderung menjadi manja dan tidak dapat mandiri.
Kemandirian perlu anda ajarkan sedini mungkin pada anak anda. Meskipun demikian banyak orang tua yang melewati cara mengajarkan anak mandiri dikarenakan beberapa alasan, salah satunya kesibukan orang tua dengan pekerjaan diluar rumah atau ketergantungan antara anak dan orang tua hingga sulit untuk anda melepaskannya. Perilaku anak dapat dibentuk dari pengaruh lingkungan, sedangkan lingkungan terbesar anak-anak adalah rumah. Sebagai orang tua, kita perlu berhati-hati dalam pengasuhan anak pada masa perkembangannya karena setiap didikan kita dapat berpengaruh besar bagi kehidupan sang anak di masa depan. 
Seberapa penting sih mengajarkan si kecil kemandirian dan rasa tanggung jawab? Hal ini erat kaitannya dengan kecerdasan emosi seorang anak (EQ). Dengan tanggung jawab anak diharapkan bisa mandiri dan peduli akan keadaan di sekitarnya. Sehingga, ia bisa tumbuh jadi anak hebat,  yang tak hanya cerdas dari sisi intelegensi saja.



Baca Juga :

Untuk membangun rasa mandiri pada anak usia dini, ada beberapa kriteria yang bisa kita jadikan acuan untuk melatih percaya dirinya.  Berikut ini adalah cara yang bisa dilakukan agar anak terbiasa mandiri dan memiliki rasa tanggung jawab:

Berikan si Kecil kebebasan dan kepercayaan
Hal ini bertujuan agar si Kecil bisa mengambil keputusan sendiri dan mampu melewati permasalahannya. Dengan begitu, rasa percaya diri dan perasaan berhasil akan dimiliki si Kecil. Sebisa mungkin hindari menolongnya ketika ia kesusahan ya Bu agar ia punya kesempatan untuk mencari jalan keluar sendiri dan menghindari ketergantungan pada orang lain.

Jangan menuruti semua keinginan anak

Walaupun Anda sangat mencintai anak Anda, menuruti semua keinginannya bukanlah cara mendidik anak dengan benar. Tindakan tersebut hanya akan membuat anak Anda menjadi anak yang manja dan selalu mengandalkan orang lain. Jika sejak kecil anak sudah dimanjakan dengan mengikuti semua keinginannya, dampak ke depannya anak akan menjadi anak yang tidak mandiri dan malas karena selalu berpikir ada orang tua yang akan memberikan semua yang diinginkannya. Biasakanlah anak Anda untuk berusaha mengerjakan tugas mereka sendiri agar mereka dapat belajar bertanggung jawab untuk diri mereka sendiri.

Jadilah Contoh dan Panutan

Setiap anak tumbuh dan berkembang dengan melihat lingkungan di dekatnya. Khususnya orang tua yang mengasuh mereka. Apa yang dilakukan orang tuanya, pasti akan ditiru oleh sang anak. Daripada anak Anda mengidolakan tokoh kartun, kenapa bukan Anda yang menjadi sosok panutan mereka? Mulailah dengan menjaga sikap dan perkataan Anda saat ada di hadapan anak. Jadilah sosok pelindung dan pengayom yang selalu ada saat anak membutuhkan.
Jangan terlalu banyak melarang

Rasa keingintahuan anak terhadap dunianya sering kali membuat anak ingin mencoba untuk melakukan apa yang ingin mereka ketahui secara luas. Namun ketakutan orangtua terhadap apa yang akan di lakukan anak kerap membuat para orangtua melarang apa yang akan di lakukan oleh anak. Namun ingat, larangan dari orangtua hanya akan membuat rasa penasaran anak untuk melakukan suatu hal membuat anak menjadi berbohong. Dan solusi yang tepat yaitu adanya bentuk komunikasi dua arah antara orangtua dengan anak guna mengingatkan anak. Anda bisa memberitahu anak Anda tentang resiko yang mungkin saja terjadi, dan mintalah anak untuk berhati-hati dalam melakukan apapun yang akan mereka kerjakan.

Jangan sekali-kali menghukum dengan kekerasan fisik

Mungkin Anda sebagai orangtua pernah merasakan kesal dan marah terhadap ulah buruk yang di lakukan oleh anak Anda, dan untuk membuatnya jera, kerap kali Anda menghukumnya dengan hukuman fisik, misalkan memukulnya. Namun hal tersebut bukanlah satu hal yang baik untuk Anda lakukan. Jika anak Anda melakukan kesalahan, sebaiknya Anda tidak menghukumnya dengan cara kekerasan, namun sebaiknya Anda memberi tahu dengan cara yang baik dan menggunakan bahasa yang mudah untuk dimengerti mereka. Jika perlu, Anda bisa menerapkan sistem disiplin kepada anak.


Baca Juga :

Beri konsekuensi
Buat perjanjian bersama si Kecil secara lisan konsekuensi apa yang harus mereka dapat ketika tidak bisa menunjukkan sikap tanggung jawabnya. Namun jangan sampai membuat ia takut dengan konsekuensinya apabila berbuat salah. Ajarkan juga cara meminta maaf ketika mereka melakukan kesalahan.
Memberikan tugas untuk membersihkan dan menyimpan mainannya
Mengajarkan anak untuk bertanggungjawab pada mainannya. Ajarkan anak untuk membersihkan mainannya sendiri dan tempat menyimpan mainan. Biasakan anak untuk menaruh mainannya dalam satu box penyimpanan dan membersihkan mainannya setelah selesai bermain. Hal ini juga mencegah mainan bercecera dan membuat rumah tidak rapi.

Latih Problem Solving Sejak Dini

Melatih anak untuk bisa memecahkan masalahnya sendiri merupakan cara mendidik anak yang harus ditanamkan sejak dini.Dengan demikian anak sudah belajar beradaptasi dengan beragam kondisi dan situasi yang berbeda. Ini menjadi cikal bakal anak untuk bisa mandiri.Manfaat langsung yang bisa dirasakan anak adalah meningkatkan toleransi dan mencegah munculnya stres.Latihan ini juga akan mampu meningkatkan kecerdasan anak dan membentuk karakter yang lebih kuat.
Menjadi orang tua adalah tugas dan tanggung jawab yang mulia. Jadilah orang tua yang dapat dibanggakan oleh anak Anda. Didiklah anak Anda dengan baik, maka anak Anda akan memberikan sukacita bagi Anda dan keluarga.
Untuk menjaga kebersihan dalam keluarga, Anda memerlukan pembersih yang ampuh untuk mengatasinya. Wisklin pembersih keramik dan porselen yang aman untuk keluarga. Info lebih lanjut KLIK DISINI





Komentar

Postingan Populer